Hari Dokter Nasional 2020

Foto untuk : Hari Dokter Nasional 2020

Sejarah bangsa Indonesia, telah mencatat kiprah perjalanan panjang para dokter yang ada di Indonesia dari masa ke masa. Sumbangsih demi sumbangsih untuk negara terus menerus diberikan dan diemban. Di suatu fase, tepatnya pada tanggal 30 Juli 1950, Persatuan Tabib Indonesia, Perkumpulan Dokter Indonesia, ketika itu mengusulkan untuk mengadakan muktamar yang dinamai “Muktamar Dokter Warganegara Indonesia” yang diketuai oleh Bapak Dr. Bahder Djohan.

Puncak muktamar tersebut diselenggarakan pada 22-25 September 1950 di Deca Park, yang kini menjadi bagian utara dari Monumen Nasional (Monas). Beberapa hal yang dibahas pada muktamar tersebut diantaranya yaitu pembentukan organisasi kedokteran yang disebut dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan menetapkan Bapak Dr. Sarwono Prawirohardjo sebagai ketua umum IDI pertama.

Setelahnya, secara dasar hukum yang berlaku menurut negara, pada tanggal 24 Oktober 1950 keorganisasian IDI dianggap telah resmi dan diakui oleh negara. Dari tahun tersebut hingga tahun selanjutnya, setiap tanggal 24 Oktober, selalu diperingati sebagai Hari Dokter Nasional, atau beberapa kalangan lain menyebutnya sebagai Hari Lahir IDI. Kini, di tahun 2020, peringatan Hari Dokter Nasional atau Hari Lahir IDI telah menginjak tahun yang ke 70.

Selamat Hari Dokter Nasional 2020. Terima kasih dokter Indonesia atas bakti, pelayanan dan sumbangsih yang diberikan kepada masyarakat. Salam sehat!

Keterangan foto: Kegiatan praktek lapangan dokter dari Puskesmas Klari 2019.

PPDB
Aplikasi CBT

Ke Atas