Hari Pahlawan Nasional 2020

Foto untuk : Hari Pahlawan Nasional 2020

Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 10 November 2019 dalam penanggalan Indonesia diperingati sebagai hari pahlawan. Memperingati hari pahlawan cukup penting bagi kita sebagai warga negara Indonesia. Sebab, sudah banyak jasa dan rasa yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu kita. Pertaruhan pemikiran dan nyawa demi membebaskan negeri ini dari segala bentuk penjajahan tidak bisa dilupakan begitu saja.

Seperti yang dilansir oleh Detik.com, bahwa pencetusan tanggal 10 November sebagai hari pahlawan didasari oleh peristiwa pertempuran di Surabaya antara rakyat Surabaya dengan pasukan Inggris. Peristiwa tersebut bisa dikatakan cukup lama jangka waktunya yaitu sekitar tiga minggu kurang lebih. Bisa dibayangkan bagaimana perjuangan dan pengorbanan yang menggelora demi menggapai kemerdekaan.

Para pahlawan yang telah menuntaskan segala bentuk penjajahan tidaklah hanya mengatur strategi di medan perang, ikut andil dalam pertempuran dengan penjajah dan merumuskan nilai-nilai dasar dalam pembentukan sebuah negara. Tetapi, juga terdapat pahlawan yang menaruh perhatian dalam bidang pendidikan. Mereka semua bersatu padu dan menginginkan cita-cita yang luhur yaitu untuk mencerdaskan anak bangsa selanjutnya.

Beritabaik.id dalam webnya menyebutkan ada 5 tokoh pahlawan Indonesia yang bergerak dalam memperjuangkan pendidikan yaitu KH. Hasyim Asy’ari, KH. Ahmad Dahlan, Raden Ajeng Kartini, Ki Hadjar Dewantara dan Dewi Sartika. Hasil perjuangan yang telah mereka wariskan kepada kita perlu terus dirawat, dijaga, dikembangkan dan diharumkan. Hal tersebut bukanlah suatu hal yang mudah tentunya. Sebab, negara beserta masyarakatnya ingin sekali cercahan cahaya kecerdasan bangsa semakin bersinar dan bahkan mampu menerangi peradaban dunia.   

Lansiran yang dikutip:

https://beritabaik.id/read?editorialSlug=indonesia-baik&slug=1556770244476-5-pahlawan-nasional-yang-berjasa-bagi-pendidikan-di-indonesia

https://news.detik.com/berita/d-4779064/5-fakta-hari-pahlawan-yang-diperingati-setiap-10-november

 

PPDB
Aplikasi CBT

Ke Atas