Helm Berkomposisi Serat Tandan Pohon Sawit Asli Buatan Indonesia

Foto untuk : Helm Berkomposisi Serat Tandan Pohon Sawit Asli Buatan Indonesia

Ketika berkendaraan, seperti berkendaraan bermotor roda dua. Faktor keselamatan diri menjadi satu hal yang sangat perlu diperhatikan. Salah satu upaya agar terjaminnya keselamatan diri tersebut yaitu dengan menggunakan alat kelengkapan berkendara seperti helm. Tentu dengan catatan, helm yang dipergunakan juga harus yang Standar Nasional Indonesia (SNI).

Seperti Green Composite Helmet, tidak hanya ber-SNI saja. Helm yang dikaryakan oleh Ibu Siti Nikmatin, yang juga seorang dosen di Institut Pertanian Bogor (IPB) tersebut, sudah mendapatkan beberapa penghargaan. Hal tersebut menjadi bukti, bahwa helm karya Ibu Siti bisa bersaing dengan merk helm lainnya.

Lansiran fmipa.ipb.ac.id menyebutkan beberapa penghargaan tersebut, diantaranya yaitu sebagai inovasi pertama di Indonesia dengan hak paten dan merk yang sudah terdaftar, lolos pengujian SNI, anugrah inovasi Jawa Barat 2016, 108 inovasi Indonesia 2016 (BIC), juara 1 gelar inovasi Kabupaten Bogor 2017, 10 strat-up unggulan terobosan inovasi indonesia 2017 Kemenristekdikti dan awardee UN environment’s Asia-Pasific low-carbon lifestyles challenge 2018.

Bisa begitu, karena cangkang dari Green Composite Helmet tersebut terbuat dari Biokomposit yang terdiri dari dari plastik ABS dan serat tandan kosong kelapa sawit. Hal tersebutlah yang menjadi pembeda dengan helm lainnya. Apalagi setelah dilakukan pengujian SNI, helm tersebut dianggap dapat meredam energi tumbukan akibat benturan dan meminimalisir resiko benturan terhadap kepala.

Dalam lansiran agro.net.id mengungkapkan, sebelum menggunakan serat tandan sawit, Ibu Siti juga sudah pernah melakukan beberapa percobaan dengan macam tumbuhan lainnya seperti serat rotan dan serat nanas pada karya helmnya. Setelah dilakukan percobaan-percobaan tersebut, Ibu Siti lebih memilih serat tandan kosong pada kelapa sawit sebagai komposisi Green Composite Helmet.

Ternyata, Green Composite Helmet juga sudah pernah diproduksi dengan jumlah yang lumayan banyak pada tahun 2016. Jenis helmet yang diproduksi ada dua macam, ada yang full face dan half face seperti dalam lansiran agro.net.id. Tekad Ibu Siti untuk berkarya hingga diproduksi dengan jumlah banyak patut menjadi contoh, agar dikemudian hari, karya dari Indonesia lainnya mampu menunjukkan kualitasnya.   

Sumber bacaan berita & foto:

https://mediatani.co/generasi-penerus-berinovasi-5-teknologi-pertanian-karya-anak-negeri/

http://fmipa.ipb.ac.id/peneliti-fmipa-ipb-kembangkan-helm-ramah-lingkungan/

https://news.trubus.id/baca/1612/peneliti-ipb-ciptakan-helm-green-composite-yang-tahan-benturan

https://paktanidigital.com/artikel/teknologi-pertanian-anak-bangsa/#.XoQEPYgzbIU

https://instagram.com/gchelmet?igshid=epndj5epcnx

 

PPDB
Aplikasi CBT

Ke Atas