Walaupun Sederhana, Peregangan Ada Banyak Manfaat

Foto untuk : Walaupun Sederhana, Peregangan Ada Banyak Manfaat

Melakukan peregangan nan sederhana ternyata ada banyak manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat dari melakukan gerakan peregangan di antaranya yaitu:

  1. Mampu mengurangi rasa stres, karena dengan melakukan peregangan dapat menstimulasi otot-otot tubuh menjadi lebih santai dan membantu mengurangi rasa stres.
  2. Mengindari cedera, karena dengan melakukan peregangan dapat memaksimalkan vitalitas dan gerak tubuh lebih mudah beradaptasi dengan gerakan yang tiba-tiba.
  3. Memperbaiki metabolisme tubuh, karena dengan peregangan dapat memperlancar peredaran darah sehingga mengembalikan sistem metabolisme tubuh.
  4. Memperbaiki postur tubuh, karena terkadang posisi duduk yang membungkuk serta cara jalan yang tidak tegak membuat postur tubuh kita tidak sebagaimana mestinya. Dengan melakukan peregangan bisa mengembalikan postur seperti semula. Punggung menjadi tegak, tulak ekor juga tepat pada posisinya.

 

Itulah beberapa manfaat dari melakukan peregangan. Gimana? Udah melakukan peregangan atau belum untuk hari ini? Kalau belum, sila dicoba dan dilakukan secara rutin, sehari sekali minimal. Usahakan juga, dilakukan secara teratur, mulai dari kepala, pundak, tangan, bagian dada serta perut, lalu bagian kaki.

Agar lebih terasa rileks, coba setelahnya lakukan tarik napas dari hidung lalu keluarkan melalui mulut, maksimal tiga kali. Insya Allah info mengenai gerakan peregangan ini bermanfaat. Apalagi di tengah situasi seperti yang terjadi saat ini, dalam artian gerakan peregangan bisa jadi alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh kita masing-masing.

Lansiran informasi & gambar:

https://twitter.com/ditpromkes

PPDB
Aplikasi CBT

Ke Atas