Hari Kesaktian Pancasila 2020

Foto untuk : Hari Kesaktian Pancasila 2020

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia (RI) bernomor 153 bertahun 1967 tentang Hari Kesaktian Pancasila, tertulis bahwasanya tanggal 1 Oktober telah ditetapkan sebagai tanggal diperingatinya Hari Kebangkitan Nasional. Keppres tersebut ditandatangani oleh Presiden yang menjabat ketika itu, Bapak Presiden Soeharto.

Penetapan diperingatinya Hari Kesaktian Pancasila tersebut, setelahnya menuai banyak sorotan oleh beberapa pihak tertentu. Latar belakang yang menjadi sorotan pihak tertentu itu, juga cukup beragam. Walaupun begitu, sejarah RI telah mencatat suatu peristiwa yang pernah terjadi sebelum tanggal 1 Oktober 1965 yaitu tanggal 30 September 1965, atau biasa disebut dengan Gestapu.

Pada peristiwa itu, telah tercatat terjadinya pembunuhan terhadap beberapa perwira militer. Beberapa jasad dari perwira militer tersebut ditemukan di sebuah lubang. Daerah lubang tersebut berada di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Untuk mengenang peristiwa tersebut dibangunlah sebuah monumen bernama Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya.

Pembangunan monumen tersebut rampung pada tahun 1972. Lalu, untuk pengelolaan dan perawatan monumen tersebut, tercantum dalam sebuah Surat Presiden bernomor 51 bertahunkan 1980 yang ditandatangani oleh Bapak Presiden Soeharto. Sudah barang tentu, semoganya, peristiwa yang telah terjadi seperti itu dan telah dicatat oleh sejarah bangsa ini, tidak terulang lagi di kemudia hari.    

Sumber Foto: Tirto.id; Antara foto/hafidz mubarak a/foc/15.

PPDB
Aplikasi CBT

Ke Atas