Walaupun Tipis, Keberadaan dan Kelebihannya Tidak Bisa Ditepis

Foto untuk : Walaupun Tipis, Keberadaan dan Kelebihannya Tidak Bisa Ditepis

Kepraktisan dan keefesienan mejadi dua faktor yang sering dibutuhkan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup saat ini. Salah satunya, dalam hal penggunaan suatu alat atau suatu perkakas. Berbagai inovasi, mau tidak mau dihadirkan ke beberapa alat atau perkakas untuk memenuhi kebutuhan manusia, tidak terkecuali pada alat musik. Dari ide cerdas dan tangan kerja kerasnya, Kakak Raka Shidiq, telah menciptakan sebuah gitar bukan sembarang gitar.

Gitar yang diciptakannya merupakan gitar dengan ukuran tipis, nama gitar tersebut yaitu Anymo Essential Guitar. Walaupun bentuknya tipis, gitar ciptaan Kak Raka tetap dapat menghasilkan suara  gitar pada umumnya. Bahkan, kualitas suara yang dihasilkan bisa dikatakan lebih baik dari gita-gitar pada biasanya. Bisa begitu, karena Kak Raka memodifikasi dan menginovasi habis-habisan alias all-out dalam proses pembuatan gitar tipis tersebut.

Hasil modifikasi dan inovasi yang kentara dari gitar tipis Anymo tersebut yaitu diaplikasikannya sistem microchamber. Berdasarkan lansiran antaranews.com, pengaplikasian sistem microchamber tersebut akan membuat suara yang dihasilkan lebih panjang berkat kontruksi neckthrough, berikut dengan kombinasi sistem undersaddle piezo yang dapat menghasilkan suara lebih baik, tanpa noise.

Bahkan resonansi yang berlebih, yang sering terjadi pada gitar pada umumnya, tidak terjadi. Itulah buah berkarya cerdas dan berkarya dengan kerja keras Kak Raka. Tidak hanya itu, gitar Anymo juga pernah dipamerkan di beberapa acara internasional seperti Bussines Desain Week 2017 di Hongkong, South-by-SouthWest (SXSW) 2017 di Amerika dan Salone Del Mobile Milano 2017.

Untuk bahannya, Kak Raka menggunakan kayu Mahogany. Salah satu jenis pohon yang tumbuh subur di Indonesia. Bahkan, seperti dalam lansiran goodnewsfromindonesia.com Kak Raka mengungkapkan sebenarnya kualitas kayu asal Indonesia mampu bersaing dengan kualitas kayu impor atau luar negeri. Hal itu ditegaskan oleh Kak Raka, dengan dipakainya bahan kayu Mahogany asal Indonesia pada Anymo Essential Guitar.

Terbukti bukan, alat musik juga bisa diinovasi menjadi lebih efisien dan praktis untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dengan mampu menghasilkan kualitas suara lebih baik dan lebih ringan untuk dibawa. Semoga dengan adanya karya dari Kak Raka ini, bisa menjadi motivasi bagi adik-adik lainnya untuk berkarya dengan cerdas, berkarya dengan kerja keras dan berkarya dengan inovatif. Maka, tidak ada salahnya, merancang untuk membuat karya dari sekarang. Mari, kita berkarya

Sumber bacaan berita & foto:

https://www.antaranews.com/berita/656459/warga-bandung-ciptakan-gitar-tertipis-di-dunia

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/06/24/tidak-hanya-tv-dan-komputer-berevolusi-menjadi-tipis-gitarpun-bisa

https://www.cnnindonesia.com/tv/20171019020010-412-249336/inovasi-gitar-ramah-lingkungan

PPDB
Aplikasi CBT

Ke Atas