Program GERMAS dalam Upaya Meminimalkan Triple Burden di Indonesia

Foto untuk : Program GERMAS dalam Upaya Meminimalkan Triple Burden di Indonesia

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau biasa disebut dengan GERMAS, seperti yang dilansir dari promkes.kemkes.go.id, merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk mesosialisasikan budaya hidup sehat kepada masyarakat serta meninggalkan kebiasaan dan prilaku masyarakat yang kurang baik untuk kesehatan.

Sebenarnya, lansiran mengenai penjelasan GERMAS tersebut sudah dilansir sejak tahun 2017 lalu. Dengan artian, program GERMAS tersebut sudah ada, terus disosialisikan dan terus diupayakan oleh pihak pemerintahan pusat dan daerah untuk memperbaiki mutu kesehatan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Apalagi ketika jagat dunia diramaikan oleh kasus penyebaran virus korona atau Covid-19 di beberapa negara dan kasus Demam Berdarah (DBD) yang sering terjadi di Indonesia. Sosialisasi program GERMAS bisa dikatakan menjadi cukup masif. Hal tersebut, juga menjadi perhatian penting hingga saat ini, sebagai langkah awal dalam mensiasati triple burden yang dihadapi Indonesia khusunya.

Triple burden tersebut yaitu pemberantasan penyakit infeksi, bertambahnya kasus penyakit tidak menular dan munculnya kembali jenis penyakit yang seharusnya telah berhasil diatasi. Hal itulah yang terus juga perlu disoroti dan diawasi bersama-sama. Maka, GERMAS di lingkungan sekitar bisa menjadi salah satu upaya dalam meminimalisasikannya.

Kegiatan GERMAS tersebut meliputi peningkatan aktivitas fisik, peningkatan prilaku hidup sehat, peneyediaan pangan sehat disertai percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegahan disertai deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan edukasi hidup sehat.      

Sumber bacaan & gambar:

http://promkes.kemkes.go.id/germas

PPDB
Aplikasi CBT

Ke Atas