Hari Olahraga Nasional 2020

Foto untuk : Hari Olahraga Nasional 2020

Salah satu hal yang melatar belakangi tercetusnya peringatan Hari Olahraga Nasional, atau yang biasa disebut dengan Haornas, yaitu pernah diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) untuk pertama kalinya di Solo pada tanggal 9 September tahun 1948 silam. Tahun, yang bisa dikatakan cukup muda bagi Indonesia sebagai negara yang merdeka dari penjajahan saat itu.

Sang pembuka perhelatan PON untuk pertama kalinya tersebut yaitu Bapak Presiden Soekarno, sedangkan sang penutupnya yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang juga bertindak sebagai Komite Olimpiade Republik Indonesia (KORI) ketika itu.

Hingga kini, PON masih menjadi salah satu bentuk tekad yang teguh untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia yang ada di Indonesia dalam bidang keolahragaan. Beberapa atlet jebolan PON juga sudah mampu bersaing di kancah Internasional.

Secara resmi, negara juga telah menjadikan tanggal 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) nomor 67 tahun 1985. Sebagai salah satu bentuk kepedulian negara dalam hal peristiwa sejarah yang mengawali tumbuh kembangnya olahraga nasional yang dicetus oleh para pendahulu bangsa.

Kini, di tahun 2020, Haornas mengusung tema Sports Science, Sport Tourism & Sport Industry. Kemenpora selaku penyelenggara Haornas 2020, mengungkapkan tiga tema tersebut bermakna peningkatkan sinergi, semangat dan kekuatan dalam meningkatkan kebugaran dan prestasi olahraga serta mendorong pertumbuhan ekonomi.

Keterangan foto: Dipotret sebelum pandemi Covid-19.

PPDB
Aplikasi CBT

Ke Atas