Angklung MI Al I`anah Tampil Konser Angklung di Karawang Central Plaza

Foto untuk : Angklung MI Al I`anah Tampil Konser Angklung di Karawang Central Plaza

ANGKLUNG Merupakan alat musik khas masyarakat Sunda sebagai instrumen musik legendaris di Indonesia yang juga bisa dijadikan simbol persatuan dan kesatuan.

Oleh sebab itu,  Angklung perlu dilestarikan dan di implementasikan dengan cara menjaga, memelihara serta melestarikan atau meregenerasikannya.

MI Al I`anah Kosambi Kabupaten Karawang bekerja sama dengan Superstar Studio melaksanakan konser Angklung yang digelar di Karawang Central Plaza pada hari Minggu, 13 November 2022 lalu.

Adapun acara konser tersebut terselenggara dengan sukses berkat guru pembimbing yang profesional, yaitu Ibu Nidyasari dan Bapak Endang Sutisna.

Pada kesempatan tersebut, Nidyasari selaku guru pembingbing menyampaikan terimakasih kepada semua pihak atas suksesnya acara konser Angklung yang dimainkan oleh siswa-siswi MI Al I`anah Karawang.

Dikatakannya, melalui acara konser Angklung ini, diharapkan seluruh peserta maupun para penonton selalu mengingat budaya leluhur dan tetap menjaga kelestariannya.

“Sebab dahulu Angklung atau alat musik yang terbuat dari bambu ini dimainkan saat upacara – upacara tertentu, yang dimainkan khususnya pada musim panen,”ucapnya.

Sementara Endang Sutisna yang juga guru pembingbing menambahkan, bahwa Suara Angklung dipercaya akan mengundang perhatian Dewi Sri (Nyi Sri Pohaci).

Sang Dewi dipercaya membawa kesuburan terhadap tanaman padi para petani dan akan memberikan kebahagian serta kesejahteraan bagi umat manusia,”tambahnya.

Terpisah, Ujang Manan, S.Pd.I, M.Si, Kepala MI Al I`anah Karawang, berharap kepada semua masyarakat, khususnya masyarakat Karawang agar berpartisipasi membantu melestarikan alat musik tradisional khas Jawa Barat ini.

Dan melalui siswa-siswa Al I`anah Karawang yang pada kesempatan ini memainkan alat musik tradisional (Angklung), Ujang berharap kedepan anak-anak muda dapat lebih mengenal lagi budaya bangsa.

Yang tentunya para generasi muda dapat melestarikan budaya itu sehingga tak hilang digerus zaman,”harapnya. 

PPDB
Aplikasi CBT

Ke Atas