Puskesmas Klari bersama Polres Karawang Buka Gerai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak di MI Al I`anah

Foto untuk : Puskesmas Klari bersama Polres Karawang Buka Gerai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak di MI Al I`anah

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Klari bersama dengan Kepolisian Resor (Polres) Karawang pada Rabu dan Kamis (5,6/1/2022) di Gedung Madrasah Ibtidaiyah Al I`anah mengadakan gerai giat vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. Sasaran vaksin tersebut salah satunya disediakan untuk siswa siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al I`anah. Siswa siswi sangat antusias menyambut kegiatan vaksinasi, yang bisa dilihat dari kehadiran siswa siswi. Karena vaksinasi anak atau siswa siswi pada instansi sekolah atau madrasah, menjadi salah satu dari sekian syarat dalam pemberlakuan pembelajaran secara tatap muka 100% dan percepatan vaksinasi nasional yang diprogramkan pemerintah.

Seperti yang dijelaskan oleh pihak Puskemas ketika apel sebelum dimulai vaksinasi, bahwasanya dengan vaksinasi akan membentuk herd imunity pada tubuh. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh bisa membentuk perlindungan tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi ketika sebagian besar populasi menjadi kebal terhadap infeksi, baik melalui infeksi sebelumnya, sehingga individu yang tidak kebal ikut terlindungi.

Pada pelaksanaanya, pihak Puskesma menentukan alur pelaksaan vaksinasi. Alur tersebut diantaranya:

1. Siswa siswi memasuki ruang tunggu.

2. Siswa siswi memasuki ruang sceening dan vaksinator.

3. Siswa siswi menuju meja screening untuk dilakukan pemerikasaan tekanan darah dan wawancara singkat terkait riwayat penyakit dll.

4. Siswa siswi beranjak ke meja vaksinator untuk disuntikkan vaksin.

6. Siswa siswi pidah ruangan menuju ruang observasi, untuk diketahui apakah ada reaksi dan efek samping yang perlu ditangani khusus.

Turut hadir, beberapa instansi penting seperti Wakapolres Karawang, Bapak Kompol A. Faisal P, SH., SI.K., MM. Juga hadir, Kapolsek Klari, PJU Polres, Kabag SDM, Kasidokes, PSM Kasubag, Sekertaris Kecamatan Klari, Kasat Pol.PP, Kepala Puskesmas, Bhabinkamtibmas Desa Duren, Babinsa Desa Duren dan Sertu. Bahkan, pada kesempatan itu, Wakapolres yang berada di MI Al I’anah juga mengikuti kegiatan Zoom Meeting dengan Bapak Kapolri Jenderal Pol Drs.  Sigit Listyo Prabowo yang berada di Jakarta secara virtual dalam rangka Pembukaan Resmi Vaksinasi Anak.

Salam sehat!

PPDB
Aplikasi CBT

Ke Atas