Pelatihan Dokter Kecil Puskesmas Klari 2020

Foto untuk : Pelatihan Dokter Kecil Puskesmas Klari 2020

Pihak Puskesmas kecamatan Klari mengadakan program pelatihan dokter kecil (dokcil) 2020 kepada siswi-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-I’anah pada senin (27/1/2020). Pelatihan tersebut hanya difokuskan bagi siswi-siswi MI Al-I’anah yang menjadi anggota PMI saja dari berbagai macam tingkatan kelas. Menurut Ibu Lasmaria, selaku petugas UKS kecamatan Klari, mengungkapkan bahwa program pelatihan dokcil tersebut diadakan rutin setiap satu tahun sekali. Pada beberapa tahun sebelumnya juga, sudah pernah diadakan pelatihan dokcil.

Untuk kesempata kali ini Ibu Lasmaria dalam menyampaikan materi pelatihannya tidak sendirian, beberapa dokter dari UKRIDA yang sedang melaksanakan praktek di Puskesmas kecamatan Klari juga andil menyampaikan materi pelatihan dokter kecil. Beberapa materi yang disampaikan diantaranya seperti pentingnya merawat kebersihan lingkungan sekitar, menjaga kesehatan dan kestabilan tubuh dan tahap-tahap dalam menangani orang yang pingsan.

Dari materi-materi umum tersebut, Ibu Lasmaria bersama dengan dokter-dokter praktek menghimbau sekaligus memperinci lagi materi yang disampaikan. Seperti dalam merawat kebersihan lingkungan kita harus peduli dengan jenis-jenis sampah serta menjaga kebersihan sarana ruang Mandi, Cuci, Kakus (MCK) dan lain sabagainya. Disamping itu, dalam menjaga kesehatan tubuh kita harus berolahraga secara teratur juga terukur, mencuci tangan setelah beraktivitas terutama diluar ruangan dan lainnya.

Pada pelatihan dokcil kali ini, awalnya para siswi masih tampak malu untuk memberanikan diri bertanya ataupun menjawab. Namun, dibeberapa sesi terakhir para siswi mulai berani menjawab bahkan mempraktikkan materi yang sudah disampaikan bersama dengan teman-teman lainnya. Beberapa siswi yang telah menjawab dan mempraktikkan diberi hadiah dari ibu Lasmaria dan dokter-dokter. Bagi yang tidak mendapatkan hadiahpun tidak merasa kecewa, karena secara keseluruhan para siswi mendapatkan makanan ringan yang halal, sehat dan bergizi.

Menutup perjumpaan para siswi, ibu Lasmaria bersama dengan dokter-dokter foto bersama dengan para siswi dan guru pendamping yaitu Ibu Cucum. Kami mengucapkan terima kasih atas materi yang telah disampaikan dan semoga para siswi-siswi bisa mempraktikkannya di kehidupan sehari-hari serta membagikan pengalaman tersebut ke teman-teman mereka.

PPDB
Aplikasi CBT

Ke Atas